Musik Edukasi Sesi 4

Ramadhan hari ke 6 tahun ini menjadi penanda dimulainya rangkaian Musik Edukasi Letto sesi ke 4. Hari itu kami mulai dengan 2 titik sekaligus yaitu di SMPN 1 Cikini siang hari, dan di SMPN 40 sore harinya.

SMPN 1 CIKINI

SMPN 1 Cikini adalah SMP tertua di Jakarta, dan merupakan sekolah pertama yang menerima pribumi pada masanya. Sekolah yang cukup bersejarah untuk perjalanan pendidikan di Indonesia dan juga untuk Musik Edukasi. Karena ini adalah kali ke 2 Musik Edukasi digelar di sekolah ini setelah sesi pertama pada tahun 2012 yang lalu, meskipun sekarang sudah dipimpin oleh Kepala Sekolah yang baru.

Beda dengan yang dulu, kali ini sebenarnya banyak hal yang kurang ideal untuk menunjang berjalannya Musik Edukasi dengan baik. Mulai dari acara yang sangat molor, ukuran dan konsep panggung yang terlalu heboh, layout peserta yang kurang tepat, dan hal-hal lain yang sungguh kurang sesuai karena pihak sekolah kurang aware. Meskipun begitu, situasi tersebut tetap kami maksimalkan, kami sulap dengan berbagai trik, kami takhlukkan dengan berbagai jurus, dan Alhamdulillah Musik Edukasi tetap berjalan dengan cukup lancar sampai selesai.

SMPN 40 JAKARTA

Sore harinya kami meluncur ke titik selanjutnya di SMPN 40 Jakarta. Surprise buat kami, karena ternyata Kepala Sekolah disini adalah mantan Kepala Sekolah di SMPN 1 Cikini saat Musik Edukasi digelar disana tahun 2012, Pak Bambang namanya. Alhasil kami ngobrol banyak hal dengan beliau layaknya nostalgia bertemu kawan lama, dan sangat hangat karena kebetulan beliau juga berasal dari Jawa Tengah, sama medoknya dengan kami…. Hahahaaa….

Musik edukasi disini berjalan dengan baik. Apalagi Pak Bambang adalah Kepala Sekolah yang kritis dan progresif, sehingga beliau mempersiapkan segalanya dengan maksimal. Dari dulu Pak Bambang sangat mendukung program Letto ini, karena beliau merasa siswa-siswi yang dipimpinnya sangat membutuhkan asupan ini untuk melengkapi apa yang sudah diberikan oleh kurikulum yang sedang berjalan. Bahkan setelah acara selesai, sambil berbuka bersama beliau mengungkapkan bahwa ingin mengundang kami untuk bermusik edukasi dengan durasi yang lebih lama dan lebih fokus.

Baiklah, akhirnya selesai untuk hari ini, saatnya kembali ke penginapan untuk gojekan melepas lelah dengan pasukan Letto…. Hahahaa…. Semoga hari ini menjadi berkah barokah serta manfaat untuk kami dan orang banyak, aamiin. Kita lanjut besok.

Jooosss….